Praktik Kerja Lapangan adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) peserta didik sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi peserta didik yang bertujuan untuk PKL di suatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para peserta didik harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan tidak mengalami kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktik kerja lapangan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait. Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan ini diharapkan setiap peserta mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar peserta didik tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar peserta didik tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri.

PKL memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. Di samping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. Melalui PKL peserta didik diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental. Adapun tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan bagi peserta didikuntuk mengenal dan mengetahui tentang dunia industri.
  2. Menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh di sekolah untuk diterapkandi dunia industri.
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan instansi terkait.
  4. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja.
  5. Dapat memahami konsep non akademis seperti etika kerja, profesionalitas kerja, disiplin kerja, dll.

PKL harus diikuti oleh peserta didik di SMK yang orientasinya setelah lulus adalah bekerja. SMK TI Bali Global Karangasem mewajibkan peserta didik mengikuti PKL. Yang mana tahun ini diikuti oleh 51 peserta didik yang diterjunkan ke dunia industri yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah. Peserta didik diharapkan mampu bekerja secara maksimal di industri yang mereka pilih/sekolah pilihkan untuk mereka. Peserta didik juga diharapkan menjaga nama baik sekolah, serta selalu disiplin dalam bekerja.

Setiap industri didampingi oleh pembimbing yang nantinya akan mengawasi peserta didik selama PKL. Setiap bulan guru pendamping akan melaksakan pendampingan terhadap peserta didik dan melakukan pendekatan kepada pendamping di masing-masing industri terkait perkembangan peserta didik selama melaksanakan PKL.

Peserta didik di SMK TI Bali Global Karangasem melaksanakan PKL selama 3 bulan. Dan diakhir PKL peserta didik diwajibkan membuat Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang akan diuji oleh penguji yang ditentukan oleh panitia. Dalam ujian tersebut peserta didik harus menyampaikan hasil kerja nyata selama PKL.

#

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.