Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh sekolah-sekolah di seluruh Inonesia. Dua tahun terakhir dari tahun 2020 – 2021 MPLS diadakan secara daring. Namun, pada tahun 2022 pemerintah mengizinkan pelaksanaan MPLS secara tatap muka tapi tetap menerapkan protocol kesehatan. MPLS di SMK TI Bali Global Karangasem dilaksanakan selama tiga hari dari Senis, 11 Juli s.d Rabu, 13 Juli 2022. Pembukaan MPLS dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah yaitu I Nyoman Suarjana, S.Sos. Pembukaan MPLS berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta didik baru.

Pembukaan MPLS Tahun Pelajaran 2022/2023

Ada 6 manfaat dari MPLS yaitu sebagai berikut:

  1. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Lingkungan sangat berpengaruh untuk perkembangan peserta didik baru. Dengan adanya MPLS ini peserta didik dapat secara langsung beradaptasi sesama peserta didik lainnya. Karena mereka dipertemukan dari berbagai desa, suku, dan agama.

Peserta didik baru terdiri dari berbagai desa, suku, dan agama

2. Meningkatkan motivasi peserta didik

MPLS juga memiliki tujuan lainnya yaitu meningkatkan motivasi peserta didik. Untuk memotivasi mereka agar tetap semangat dengan cara memberikan apresiasi kepada mereka diakhir MPLS dengan membagikan hadiah untuk pemenang setiap perlombaan yang diadakan oleh panitia MPLS.

Memotivasi peserta didik dalam kegiatan MPLS dengan memberikan hadiah

3. Mengembangkan Interaksi Positif antar Peserta Didik Baru

MPLS merupakan masa yang tepat untuk mengembangkan interaksi positif antar peserta didik baru. Karena pada masa ini, peserta didik akan saling mengenal satu sama lain, meskipun mereka tidak pernah satu sekolah sebelumnya.

Interaksi antar peserta didik dengan menyampaikan yel-yel secara berkelompok

4. Menumbuhkan perilaku positif

MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah juga mampu menumbuhkan perilaku positif bagi peserta didik baru. Seperti menumbuhkan pentingnya nilai-nilai kejujuran, kemandirian, larangan menyontek saat ujian, kedisiplinan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan hidup bersih serta mewujudkan peserta didik yang memiliki integritas yang tinggi, saling menghargai pendapat orang lain dan yang pasti bersikap toleransi kepada sesama peserta didik baru.

Sikap toleransi antar peserta didik
Sikap toleransi antar peserta didik

5. Mengenalkan pendidikan mengenai tata tertib berlalu lintas, pendidikan bahaya narkoba, dan pendidikan pemilih pemula untuk peserta didik baru

MPLS di SMK TI Bali Global juga mengenalkan pendidikan sejak dini terkait tata tertib berlalu lintas, pendidikan bahaya narkoba, pendidikan pemilih pemula untuk peserta didik. Di mana materi tata tertib berlalu lintas di sampaikan oleh Sat Lantas Polres Karangasem, pendidikan bahaya narkoba disampaikan oleh BNN Karangasem, pendidikan pemilih pemula disampaikan oleh KPU Karangasem. Hal ini bertujuan agar peserta didik mengenal hal yang tidak patut dilakukan dan yang patut dilakukan.

Penyampaian materi dari Sat Lantas, BNNK, dan KPU

6. Menjalin kebersamaan dan keakraban dengan guru, osis, staf

MPLS juga bermanfaat untuk menjalin kebersamaan dan keakraban antara peserta didik dengan guru, osis, dan staf di SMK TI Bali Global Karangasem. Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa kekeluargaan di lingkup sekolah.

Foto kebersamaan peserta didik, guru, staf dan osis

#

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.