Mendekati Tahun Pelajaran Baru 2022/2023 SMK TI Bali Global Karangasem disibukkan dengan kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Osis Masa Bakti 2022/2023. Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis ada dua pasang calon. Paslon nomor urut satu yaitu I Made Wahyu Pramana (Calon Ketua Osis) dan Ni Wayan Mely Antari (Calon Wakil Ketua Osis). Paslon nomor urut dua yaitu I Komang Sarasusmita Adi Prayoga (Calon Ketua Osis) dan I Kadek Wira Dwi Antara (Calon Wakil Ketua Osis).

Pemilihan dilaksanakan secara online dengan metode E-Voting melalui Web Sekolah pada Sabtu, 2 Juli 2022 dari pukul 09.00 s.d. 11.00 Wita. Peserta pemilu merupakan seluruh keluarga besar SMK TI Bali global Karangasem meliputi Bapak/Ibu Guru dan Staf serta seluruh siswa kelas XI dan XII berjumlah 138 orang pemilih.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ni Kadek Ari Astuti S.Pd menuturkan mengapa beliau melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Osis sebelum tahun pelajaran baru dan dilaksanakan secara online? “Saya melaksanakan lebih awal karena untuk membantu pelaksanaan MPLS Tahun 2022/2023 serta kegiatan-kegiatan lainnya. Selama dua tahun kegiatan osis tidak berjalan karena terhalang dengan adanya musibah secara global yaitu Pandemi Covid-19. Tahun ini kami memulai dengan strategi dan kiat-kiat, serta semangat baru untuk memulai menata dan melaksanakan organisasi di sekolah, harapannya dengan adanya osis kami merasa terbantu. Mengapa dilaksanakan secara online? Karena zaman digital dan SMK TI Bali Global Karangasem memang pada dasarnya adalah berbasis TI (Teknologi Informasi). Jadi, dengan adanya kegiatan ini kami lebih dikenal oleh masyarakat bahwa Teknologi Informasi itu penting bagi kehidupan sekarang. Ini adalah sebagai bukti bahwa SMK TI Bali Global Karangasem bisa mensuport segala kegiatan dengan mengikuti Teknologi zaman sekarang. Selain itu meminimalisir pembiayaan serta waktu. Karena dapat diakses di mana pun.

Antusias anak-anak serta Bapak/Ibu Guru dan Staf untuk mensuport kegiatan ini dapat terlihat. Dari 138 orang yang terdaftar sebagai pemilih tercatat 90 orang yang berpartisipasi dalam pilketos tersebut secara online dengan menggunakan perangkat digital (Hp/Laptop). Perhitungan suara dilaksanakan secara Realtime Quick Count sehingga hasil dapat langsung diketahui. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil Osis memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua dan wakil Osis dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil). Dari hasil voting tersebut dapat ditentukan peraih suara terbanyak adalah pasangan calon nomor urut 01 yaitu I Made Wahyu Pramana dan Ni Wayan Mely Antari dengan perolehan suara sebanyak 56. Sedangkan pasangan calon nomor urut 02 I Komang Sarasusmita Adi Prayoga dan I Kadek Wira Dwiantara memperoleh suara sebanyak 34.

Pengesahan hasil voting dilaksanakan di ruang tertutup dengan disaksikan oleh perwakilan siswa kelas XI dan XII sebanyak 16 orang serta disaksikan langsung oleh Bapak I Nyoman Suarjana, S.Sos selaku Kepala Sekolah dan disaksikan pula oleh Waka Kesiswaan, Waka Sarpras, dan Komka. Di ruang tertutup tersebut terdapat beberapa agenda yaitu 1) Sambutan Kepala SMK TI Bali Global Karangasem. 2) Menampilkan hasil voting. 3) Sambutan Ketua dan Wakil Ketua Osis terpilih. 4) Penandatangangan Berita Acara.

Di ruang tersebut dalam sambutannya Bapak Kepala Sekolah menyampaikan bahwa “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan Kreativitas dan Inovatif sehingga kegiatan ini berlangsung lancar seperti yang saya inginkan. Kegiatan yang tampil beda karena tahun-tahun sebelumnya kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Osis berlangsung secara manual seperti yang dilakukan pemilihan pada umumnya. Tetapi, tahun ini pelaksanaan sudah berbeda dengan mengikuti zaman tentunya, ini merupakan trobosan baru yang patut saya apresiasi dan tentunya harus terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya, mungkin dengan inovasi yang lebih menarik lagi. Beliau juga menegaskan dengan terpilihnya Ketua dan Wakil Osis Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK TI Bali Global Karangasem dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang memicu kreativitas sehingga bakat-bakat yang terpendam selama ini dapat tersalurkan dan yang nantinya ikut dalam organisasi kepengurusan osis, dapat menuangkan segala kreativitas bukan hanya di lingkungan sekolah, namun juga di masyarakat.” Kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Osis diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Bertanggung jawab dalam hal apapun baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Serta dapat menjaga nama baik sekolah.

Hasil Suara Pemilihan Ketua & Wakil Ketua Osis
#

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.